Rahasia di balik Buah Kersen

infoherbalkanker.blogspot.com
Talok


Sekilas ketika melihat pohon kersen atau talok mungkin kita tidak akan menyangka bahwa pohon yang banyak tumbuh dipinggir jalan ini ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Buah kersen dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri akibat penyakit asam urat. Hal tersebut dikarenakan kandungan air yang tinggi pada buah kersen mampu melarutkan purin yang mengendap di ginjal atau persendian.

Menurut hasil penelitian daun kersen juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal itu dikarenakan daun kersen mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid. Senyawa golongan flavonoid itulah yang dapat bekerja sebagai antioksidan sehingga bisa menyekresi hormon insulin yang diperlukan untuk metabolisme gula. Selain itu kandungan senyawa tannin, flavonoid dan saponin yang ada dalam daun kersen tersebut  diyakini mempunyai manfaat sebagai antitumor dan juga berkhasiat melindungi fungsi otot jantung.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah kersen juga tidak kalah dengan buah lainnya. Jika dibandingkan dengan buah mangga yang mengandung vitamin C 30 mg kandungan vitamin yang ada pada buah kersen ternyata lebih besar yaitu 80,5 mg. sedangkan kandungan kalsium buah kersen 124,6 mg jauh lebih besar dari kandungan kalsium buah mangga yang hanya 15 mg. Setiap 100 gram kersen mengandung air 77,8 gr, protein 0,384 gr, lemak 1,56 gr, karbohidrat 17,9 gr, serat 4,6 gr, abu 1,14 gr, kalsium 124,6 mg, fosfor 84 mg, besi 1,18 mg,karoten 0,019 gr, tianin 0,065 gr, ribofalin 0,037 gr, niacin 0,554 gr dan juga vitamin C 80,5 mg. Adapun nilai energy yang dihasilkan 380 KJ/100 gr.

Berikut ini beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan :

Antiflamasi/antiradang
Berdasarkan data hasil penelitian air rebusan daun kersen terbukti memiliki khasiat mengurangi radang atau antiflamasi, menurunkan panas dan juga bisa menjadi antiseptik.

Antitumor
Kandungan senyawa tannin, flavonoid dan saponin yang ada pada daun kersen diyakini memiliki khasiat dapat menghambat perkembangan sel kanker atau sebagai antitumor.

Obat Asam Urat
Dengan mengkonsumsi buah kersen sebanyak 9 butir 3 kali dalam sehari diyakini mampu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit asam urat. Hal itu dikarenakan kandungan air yang tinggi pada buah kersen mampu melarutkan purin yang mengendap di ginjal atau persendian.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah kersen banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk mencegah bibir pecah – pecah/sariawan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengobati Penyakit Kuning
Para ahli menuturkan bahwa buah kersen dapat mengobati penyakit kuning. Tidak hanya buahnya, daun dan bunganyapun juga bermanfaat membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

Mengobati Kolesterol
Dengan meminum air rebusan daun kersen sebanyak 3 kali sehari dipercaya mampu mengobati kolesterol jahat dalam tubuh.

Obat Hipertensi
Daun buah kersen juga bisa menjadi obat hipertensi. Jemur daun buah kersen sampai kering seperti layaknya daun teh, setelah itu diseduh dan minum dua kali sehari.

Antidiabetes
Sudah sejak lama daun kersen dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula penderita diabates. Senyawa golongan flavonoid yang ada pada daun kersen bisa menyekresi hormon insulin yang diperlukan untuk metabolisme gula dalam tubuh.

Obat Kolesterol
Air rebusan daun kersen juga bisa dijadikan sebagai obat kolesterol.

Melindungi Fungsi Otot Jantung
Sebuah penelitian membuktikan kerja aktif kandungan daun kersen dalam melindungi fungsi otot jantung. Dengan meminum air rebusan daun kersen baik untuk melindungi fungsi otot jantung juga mencegah kemungkinan kerusakan akibat racun yang masuk ke dalam tubuh.

Melancarkan Buang Air Besar
Buah kersen mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan buang air besar.


0 Response to "Rahasia di balik Buah Kersen"

Post a Comment